Cara Jitu Mancing Ikan Nilem Di Sungai

Tips and trick ~ Ikan nilem merupakan ikan air tawar yang menyebar di Asia Tenggara misalnya Thailand, Malaysia, Brunei Darussalam dan juga Indonesia. Di Indonesia sendiri ikan nilem menyebar hampir ke seluruh wilayah. Di pulau Jawa Ikan Nilem termasuk ikan konsumsi paling favorit.

Untuk memancing ikan nila ini bisa dibilang susah susah gampang. Tentu saja ada beberapa cara dan trik untuk bisa sukses mendapatkan ikan nilem, berikut ini kami akan memberikan Begini Cara Jitu Mancing Ikan Nilem Di Sungai Paling MANTAP, simak sampai tuntas!

√ Mengenali Sifat dan Habitat Ikan Nilem

Hal yang paling utama kita ketahui adalah karakter target ikan yang akan kita pancing agar mudah untuk membuat umpan, karena tentu saja berbeda tipe berbeda pula umpan yang disukainya. Anda harus mengetahui bahwa ikan nilem ini termasuk ke dalam ikan herbivora atau pemakan tumbuhan. Akan tetapi, bukan berarti ikan nilem tidak pernah memakan hewan-hewan kecil yang ada di dalam air, kebanyakan ikan nilem akan sangat menyukai umpan dari tumbuhan seperti lumut dan daun-daunan. Namun, ikan nilem biasanya akan lebih menyukai umpan tumbuhan apabila kondisi air jernih, jika air sungai sedang keruh maka ikan nilem akan lebih menyukai umpan hewan seperti lalat dan cacing sawah.

√ Tempat Yang Disukai Ikan Nilem

Selain mengetahui sifat dan umpan yang disukai ikan nilem, anda juga harus mengetahui tempat-tempat biasa ikan nilem ditemukan. Ikan nilem biasa tinggal di sungai yang mempunyai kedalaman lebih dari 150cm. Jadi, apabila kita ingin memancing ikan nilem di sungai, anda harus mencari tempat yang agak dalam seperti lubuk. Biasanya ikan nilem ada didekat dasar lubuk yang airnya tenang tapu dekat dengan arus sungai. Misalnya di dalam lubang atau rong, atau bisa juga di batu besar yang ada di dasar lubuk. Biasanya ikan nilem akan berdiam disitu untuk menunggu makanan lewat terbawa arus.

√ Waktu Makan Ikan Nilem

Ikan nilem termasuk hewan yang aktif di siang hari jadi apabila anda ingin memancing ikan nilem sebaiknya lakukan pada masa pergantian waktu, tepatnya pagi hari atau sore hari. Pada pagi hari ikan nilem akan sangat rakus pada saat matahari hendak terbit sekitar pukul 06.00 pagi – 07.00 pagi, dan untuk sore hari disarankan untuk mancing ikan nilem pada saat matahari hendak tenggelam.

√ Peralatan Mancing Yang Tepat

Peralatan mancing merupakan salah satu hal yang paling penting yang harus sesuai dengan karakter ikan nilem. Karakter ikan nilem yaitu sangat halus, jadi kita harus menggunakan alat pancing yang peka terhadap gerakan yang halus. Untuk mendapatkan kepekaan tersebut kita harus menggunakan joran dan senar yang tepat. Biasanya dengan joran tegek yang mempunyai ujung sangat kecil dan tali yang lembut dan berukuran kecil, sebab apabila tali senar terlalu kaku dan besar tidak akan peka terhadap gerakan ikan yang memakan umpan kita. Selain joran dan senar, bandul juga perlu untuk diperhatikan, kita harus menggunakan pemberat yang sesuai dengan kekuatan arus sungai. Pastikan tali senar lurus ke dasar lubuk dan diangkat kira-kira 10 cm dari dasar.

Itulah Begini Cara Jitu Mancing Ikan Nilem Di Sungai Paling MANTAP yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat, selamat mencoba SALAM STRIKE!!

Advertisement by:

Rekomendasi Essen Oplosan Andalan Para Juara Untuk Mancing Berbagai Jenis Ikan!


Begini Cara Jitu Mancing Ikan Nilem Di Sungai Paling MANTAP || Essen Barracuda

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Enak Aja Mau NgeCopy, Kreatif Dongg!