Cara Melempar Umpan Dengan Benar

Tips and trick ~ Memancing memang menjadi hobi yang sangat menyenangkan bagi beberapa orang, karena memang bisa disukai oleh semua jenis usia. Banyak yang mengira bahwa memancing itu mudah, akan tetapi sebenarnya dibutuhkan teknik yang khusus. Pada halaman kali ini kami akan memberikan info mengenai Begini Cara Melempar Umpan Dengan Benar Agar Strike Terus!!

Hal pertama yang dilakukan pada saat memancing adalah melempar umpan. Lemparan umpan menjadi salah satu faktor pendukung keberhasilan mancing agar jatuh pada titik yang telah ditentukan. Lontaran yang sembarangan tidak akan mendapatkan sambaran dari ikan.

Begini Cara Melempar Umpan Dengan Benar Agar Strike Terus

Melempar umpan dengan benar itu memang sangat diperlukan, agar tidak salah arah. Berikut ini Begini Cara Melempar Umpan Dengan Benar Agar Strike Terus:

  • Pertama aturlah pergelangan tangan tepat pada gagang joran dimana ril duduk. Buka kawat pengaman ril (Bail Arm) dan tahan kenur dengan jari telunjuk. Pegang joran tegak lurus searah badan, arahkan mata ke titik tempat jatuhnya umpan. Gerakkan joran dengan gerakan siku ke arah depan hingga kenur tegak lurus dengan air, ayunkan umpan ke arah belakang
  • Untuk lemparan yang dekat, cukup mengayunkan umpan saja tanpa sabetan joran, kemudian arahkan umpan ke tempat yang dituju.

Tempat Yang Cocok Dijadikan Sebagai Titik Potensial

  • Tempat terdalam bagian empang yang rata, sisir dengan pelampung tempat tersebut jika ada satu bagian tampak lebih kedalam, maka jadikan sebagai titik potensial
  • Daerah kolam pada pertengahan yang terdapat pancuran air
  • Daerah kolam pada tempat masuk atau keluarnya air juga daerah dimana terdapat patok bambu penyangga pipa pancuran air
  • Pinggir kolam yang dasarnya menjorok ke daratan (bentuk gua) atau banyak tanaman rambat yang menjuntai ke air.

Pada rangkaian glosor atau kenur bebas (free lining), umpan yang dimakan ikan getarannya langsung disalurkan ke kenur. Setelah umpan dilontarkan, gulung kenur sedikit, taruhlah joran pada cagak joran (rod rest) atur kenur agar menegang akan tetapi jangan terlalu kencang, usahakan agar kendor sedikit.

Perhatikan kenur yang memasuki air. Disini getarannya terlihat jelas. Ada 2 kondisi dimana kita harus segera menggentak joran yaitu:

  1. Secara tiba-tiba kenur terangkat dan bergeak menjauh
  2. Kenur yang tegang tadi tiba-tiba menjadi kendor.

Keadaan lain yang bisa dideteksi seperti kenur bergerak-gerak mengencang dan mengendur, gerakan yang amat halus bisa anda rasakan dengan memposisikan jari telunjuk pada kenur, pada keadaan yang ekstrim joran bisa turun tercebur ke air. Disarankan mengikatkan tali pengaman pada joran bila memancing menggunakan rangkaian ini di danau atau perairan dalam lainnya.

Agar ikan bisa terkait saat memakan umpan, setelah adanya deteksi gigitan yang diurai tadi, anda perlu menggentak joran (strike) terutama bila rangkaian yang digunakan berlampung. Gerakan menggentak joran bisa digolongkan sebagai gerakan refleks. Maka dari itu latihlah gerakan refleks anda, sehingga tangan terlatih untuk segera meraih joran.

Raih joran dengan memegangnya pada pangkal joran tepat di dudukan ril penggulung, posisi jari telunjuk ada didepan gagang penggulung jari lain berada di belakangnya. Gerakan joran jauh ke arah belakang secara cepat, usahakan untuk tidak mengendurkan kenur dan baca gerak ikan dan mulailah menghajarnya.

Gerak menggentak yang benar adalah melawan arah kenur. Pada lokasi alam, lontaran bisa saja jauh di arah kanan atau kiri dari posisi kita. Jika lontaran ke arah kiri, gentakan adalah ke belakang kanan. Apabila lontaran arah ke kanan, gentakannya ke belakang kiri. Pada empang pemancingan lontaran umpan hanya ke arah ke depan saja, karena sebelah kanan dan kiri ditempati orang.

Itulah beberapa Begini Cara Melempar Umpan Dengan Benar Agar Strike Terus yang bisa kami berikan. Semoga bermanfaat, selamat mencoba SALAM STRIKE!!

Advertisement by:

Rekomendasi Essen Oplosan Andalan Para Juara Untuk Mancing Ikan Berbagai Jenis Ikan!

Begini Cara Melempar Umpan Dengan Benar Agar Strike Terus || Essen Barracuda

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Enak Aja Mau NgeCopy, Kreatif Dongg!