Kenali Kanker Pankreas Sebelum Merenggut Jiwa

Anda sering mengalamai gangguan pencernaan? Perubahan pola buang air besar dan hilangnya selera makan? Hati-hati jangan dianggap sepele bisa jadi itu merupakan gejala dari kanker pankreas. Kenali Kanker Pankreas Sebelum Merenggut Jiwa!!

Kanker Pankreas merupakan penyakit yang disebabkan oleh tumbuhnya tumor di dalam pankreas. Pankreas adalah sebuah kelenjar besar yang merupakan bagian dari sistem pencernaan dan mempunyai panjang sekitar 15cm. Kanker Pankreas bisa dialami oleh pria maupun wanita dan biasanya terjadi pda orang-orang yang berusia lanjut atau usia diatas 75 tahun.

Pankreas mempunyai fungsi yang penting bagi tubuh karena memproduksi enzim pencernaan yang berfungsi menguraikan makanan agar bisa diserap oleh tubuh. Tidak hanya iti, pnkreas juga memproduksi hormon, termasuk insulin yang berfungsi menjaga kestabilan kadar gula darah dalam tubuh.

#Tahukah Anda?
Biasanya semakin tua umur seseorang semakin besar resiko terkena kanker pankreas. Pengidap kanker ini kebanyakan berumur diatas 45 tahun. Kurang lebih 2/3 dari pengidap kanker ini berumur 65 tahun keatas, yaitu sekitar umur 71 tahun. Perempuan biasanya lebih banyak terkena kanker pankreas dari pada laki-laki. Kanker ini bisa dicegah dengan cara meminimalisasi faktor resikonya.

Gejala Kanker Pankreas


Kanker Pankreas pada tahap awal biasanya tidak menibulkan gejala dan oleh karena itu diagnosis menjadi lebih sulit untuk dilakukan. Gejala kanker pankreas pada tahap lanjut tergantung bagian kelenjar pankreas yang terjangkit karena pankreas mempunyai 2 jenis jaringan kelenjar. Pertama yaitu kelenjar yang memproduksi enzim pencernaan atau disebut dengan kelenjar eksokrin. Yang kedua adalah kelenjar yang memproduksi hormon atau disebut juga dengan kelenjar endokrin.

Kelenjar eksokrin merupakan kelenjar yang paling sering terjangkit kanker pankreas dengan gejala yang umumnya terjadi seperti penyakit kuning, kehilangan berat badan dan nyeri punggung atau nyeri perut.

Selain beberapa gejala yang disebutkan diatas ada juga beberapa gejala kanker pankreas lain seperti:

  • Gatal
  • Demam
  • Diabetes
  • Mual dan muntah
  • Gangguan pencernaan
  • Demam dan menggigil
  • Hilangnya selera makan
  • Darah mudah menggumpal
  • Perubahan pola buang air besar.

#Kapan Anda Harus Periksakan Diri Ke Dokter?
Hubungi dokter apabila anda merasakan adanya gejala yang tidak terjelaskan seperti berat badan yang berkurang, nyeri pada beberapa area tubuh, menguningnya mata ataupun gejala-gejala yang sudah disebutkan diatas. Respon tubuh setiap orang berbeda-beda. Berkonsultasi dengan dokter merupakan langkah yang terbaik untuk mendiagnosis dan mengobati anda.

Penyebab Kanker Pankreas


Pada dokter dan ilmuwan belum bisa memastikan apa saja penyebab pasti dari kanker pankreas. Menurut beberapa dokter, kanker pankreas muncul ketika adanya perubahan DNA dalam sel. Sel-sel yang bermutasi tersebut memperbanyak diri dan tumbuh secara cepat. Sel-sel tersebut kemudian bersatu menjadi tumor yang menyebabkan kanker, menjangkiti sel disekitarnya dan menyebar ke bagian tubuh lainnya (kanker idiosinkratik). Kebanyakan kanker pankreas berasal dari sel-sel yang terdapat pada lapisan dalam saluran-saluran pankreas. Jenis kanker ini disebut dengan pankreas karsinoma atau pankreas eksokrin. Pada kasus lain yang jarang terjadi, kanker ini terbentuk dalam sel-sel pankreas yang memproduksi hormon, kasus ini disebut dengan islet cell cancer atau kanker pankreas endoktrin.

Walaupun begitu ada beberapa faktor resiko yang meningkatkan peluang terkena kanker pankreas diantaranya yaitu:

  • Diabetes bisa meningkatkan resiko seseorang terkena kanker pankreas. Sebaliknya, tumor ganas yang tumbuh di pankreas juga bisa menjadi penyebab terjadinya diabetes
  • Bakteri Helicobacter pylory yang menyebabkan infeksi lambung diperkirakan bisa sedikit meningkatkan resiko seseorang terken kanker pankreas
  • Merokok juga bisa meningkatkan resiko terjangkit kanker pankreas karena racun dan zat kimia yang berbahayanya bisa menyebabkan jaringan dan organ dalam tubu mengalami iritasi dan peradangan
  • Berusia diatas 75 tahun
  • Orang-orang yang tidak banyak melakukan aktivitas fisik, mempunyai kelebihan berat badan atau obesitas, dan tidak membiasakan pola makan yang sehat
  • Pernah menderita peradangan pada pankreas atau pankreatitis
  • Mempunyai anggota keluarga dekat yang menderita kanker pankreas.

Selain faktor-faktor resiko seperti yang disebutkan diatas, ada juga faktor resiko lainnya yang bisa meningkatkan resiko terjangkit kanker pankreas, yaitu orang-orang yang banyak mengonsumsi alkohol berlebihan dan penderita hepatitis kronis.

Tahapan Kanker Pankreas


Tahapan kanker terbagi atas empat tahap atau yang biasa disebut dengan stadium. Dokter akan menggolongkan stadium kanker berdasarkan diagnosis yang telah dilakukan. Dibawah ini adalah penggolongan stadium kanker pankreas:

  • Jika kanker hanya terdapat di pankreas dan belum menyebar ke bagian lain disebut dengan stadium I
  • Jika kanker telah menyebar ke jaringan dan organ tubuh yang dekat dengan pankreas atau mungkin telah menjangkiti kelenjar getah bening disebut dengan stadium II
  • Jika kanker telah menyebar lebih ke pembuluh darah besar di sekitar pankreas dan mungkin telah menjangkiti nodus limfa disebut dengan stadium III
  • Jika kanker telah menyebar luas ke organ tubuh lain seperti paru-paru, hati serta peritoneum atau membran yang melapisi ronggat perut disebut dengan stadium IV.

Perawatan Kanker Pankreas Di Rumah


Anda bisa membatas penyebaran kanker melalui beberapa langkah berikut yang bisa anda lakukan sendiri dengan mudah dirumah:

  • Melakukan diet yang sehat dan olahraga ringan secara teratur
  • Mempunyai motivasi yang kuat dan optimis
  • Melakukan kunjungan dokter secara berkala
  • Melakukan pengobatan yang disarankan oleh dokter
  • Anda juga bisa mengonsumsi 7 makanan yang bisa mencegah kanker pankreas atau bisa membantu proses penyembuhan kanker pankreas yang anda derita.

Pengobatan Kanker Pankreas


Pengobatan pada pasien kanker pankreas bertujuan untuk mengangkat tumor dan sel kanker lainnya di dalam tubuh. Akan tetapi jika hal ini tidak memungkinkan untuk dilakukan maka dokter akan melakukan perawatan yang bertujuan untuk mencegaj tumor tumbuh lebih besar karena bisa menyebabkan munculnya bahaya lebih lanjut. Beberapa pengobatan yang bisa anda lakukan diantaranya yaitu:

1. Melakukan Operasi

Pengobatan kanker pankreas yang paling banyak dilakukan adalah dengan melakukan operasi karena bisa mengobati kanker pankreas hingga sembuh sepenuhnya. Akan tetapi tidak semua penderota kanker pankreas bisa melakukan operasi, hanya 1 dari 5 pasien yang cocok untuk melakukan operasi pengangkatan tumor.

  • Operasi pada bagian kepala pankreas: Dengan metode ini, dokter akan memotong kepala pankreas sebagian usus kecil dan saluran kantong empedu. Jika kanker menyebar, mungkin sedikit bagan dari perut akan diangkat
  • Operasi pankreas total: Metode ini mengangkat semua ekor dan sebagian dari pankreas. Limpa juga kemungkinan akan diangkat. Operasi ini mungkin menyebabkan infeksi dan pendarahan.

2. Melakukan Kemoterapi

Untuk membinasakan sel kanker ganas yang ada di dalam tubuh atau mencegah pertumbuhannya, pasien bisa melakukan kemoterapi dengan obat-obatan antikanker. Kemoterapi bisa dilakukan sebelum atau setelah operasi atau jika operasi tidak bisa dilakukan. Obat kemoterapi mempunyai 2 bentuk yaitu yang dikonsumsi secara langsung dan diberikan melalui infus.

3. Melakukan Radioterapi

Untuk membantu memperkecil tumor dan meredakan rasa sakit yang diderita, pasien bisa melakukan terapi kanker menggunakan sinar radiasi energi tinggi yang disebut dengan radioterapi. Bagi pasien yang tidak bisa melakukan operasi untuk mengatasi kanker, biasanya dokter akan menyarankan untuk melakukan perawatan kombinasi kemoterapi dan radioterapi.

4. Menggunakan Obat Herbal

Anda juga bisa mencoba menggunakan obat herbal untuk mengobati Kanker Pankreas. Obat herbal ini bisa anda gunakan apabila anda tidak cocok atau mempunyai alergi dengan obat-obatan kimia dan tidak ingin melalukan jalan operasi. Mengapa harus obat herbal? Karena obat herbal ini terbuat dari bahan yang alami sehingga akan sangat aman untuk dikonsumsi semua kalangan usia dari anak-anak hingga lanjut usia tanpa menimbulkan efek samping walaupun dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama. Obat herbal ini solusi yang tepat untuk pencegahan ataupun obat pendamping untuk membantu proses penyembuhan Kanker Pankreas.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Enak Aja Mau NgeCopy, Kreatif Dongg!